√ Kenali 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis + Solusinya - Hafal Android
√ Kenali 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis + Solusinya

√ Kenali 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis + Solusinya

to read

Siapa sih yang tidak kesal saat baterai HP cepat habis padahal masih diperlukan semisal untuk presentasi atau menghbuugni rekan kerja dan hal lain semacamnya.

Apalagi kalian sedang tidak memakai HP tersebut tiba tiba berkurang dengan sendirinya, ini sungguh kodnisi yang tidak normal.

Karena umumnya kan HP baterai berkurangitu saat dipakai dong? nah aklau tidak dipakai kok bisa tiba tiba cepat habis ini kenapa.

Kalian berada di tempat yang tepat karena kali ini mimin hafalandroid akan menjelaskan apa saja sebab baterai hp cepat habis dan tentu saja beserta solusinya. Apa saja itu? silahkan simak ya...


Penyebab dan Solusi Baterai HP Cepat Habis 

Kurang lebih ada 5 hal yang menyebabkan baterai hp cepat habis yang antara lain sebagai berikut  :


1. Fitur GPS, Bluetooth, Data Seluler Aktif Saat Tidak Dipakai

Faktor pertama yang sangat sering saya temukan mengapa tiba tiba baterai HP cebat habis pada beberapa orang ialah bukan tidak lain ternyata fitur GPS, Bluetooth, Data Seluler diaktifkan padahal kondisi tidak sedang digunakan.

Contoh saja GPS kenapa dihidupkan jika anda sedang tidak ingin berbagi lokasi atau sedang memakai Maps? jika fitur ini aktif maka dia akan bekerja lebih maksimal sehingga akan mengursa baterai juga.

Jadi solusinya, pastikan saat kalian merasa baterai boros cepat habis silahkan cek dulu barangkali dari fitur fitur seperti GPS, buteooth dan semacamnya sedang hidup.


2. Baterai HP Mulai Tidak Sehat


Jika pada penyebab pertama sudah diatasi namun masih merasa baterai cepat sekali habisnya itu berarti kita bis amulai mencurigai bahwa kondisi baterai HP kamu sedang tidak baik baik saja.

Umumny akalau HP dulu untuk mengecek kondisi baterai HP yang rusak mudah tinggal buka casing belakang dan dicopot baterainya apa mengembung atau tidak. Namun yang baterai tanam sekarang gimana?

Untuk baterai tanam sebenarnya sama saja kalian bisa buka casing belakang HP kalian cuma harus lebih berhati hati karena casing belakang HP baterai tanam rata rata rapat sekali gabung dengan LCD sehingga kalau tidak hati hati maka akan bisa menyebabkan layar retak.

Cara lain untuk memastikan yang mudah namun tidak akurat 100% dibanding buka casing belakang yaitu memakai aplikasi check healthy battery jadi disit nanti akan tertera kondisi baterai sehat  atua tidak.


3. Banyak Install Aplikasi Berjalan di Latar Belakang


Kadang ada HP bermerk sama dan tipe sama namun salah satu diantaranya merasa kok punya saya lebih boros ya?, hal itu karena beda tangan pemakai pasti beda juga aplikasi yang diinstal di HPnya.

Jadi keseringan saya menemukan pada teman saya pribadi pun terlalu banyak menginstal applikasi yang mana aplikasi tersebut bisa berjalan dilatar belakang sehingga mengkonsumsi penggunaan baterai sangat tinggi.

Tentu saja dari penyebab ini kita bisa tahu sendiri solusinya yaitu bukan tidak lain dengan mengecek aplikasi latar belakang apa saja yang kalian instal. Apa itu apliaksi bawaan sistem atau malah aplikasi tambahan yang kalian instal sendiri yaa.

Untuk mengecek aplikasi latar belakang bisa lewat pengaturan HP ya, yang kurang lebih begini langkahnya :

  • Masuk pengaturan HP kalian => Temukan opsi pengaturan kelola aplikasi => Pilih tab menjalankan => cek aplikasi apa saja yang paling tinggi berjalan di latar elakang


4. HP Kondisi Panas Dipaksa Tetap Dipakai


Ini juga yang kurang dipahami pada beberapa orang, bahwa jika kondisi HP kalian tiba tiba panas itu berarti HP kalian sudah bekejra dengan sangat keras jadi alangkah baiknya kalian diamkan dahulu hingga kondisinya kembali normal.

Karena saat HP kondisi panas dan kalian tetap memakasakan untuk dipakai entah itu bermain game atau multitasking yang berat maka benar saja jika baterailah yang akan menjadi taruhannya.

Suhu HP panas otomatis akan membuat suhu baterai ikut tidak kondusif juga sehingga kesehatan baterai kalian akan terus menurun.

Jadi solusinya pastikan tetap memakai HP pada kondisi suhu yang normal ya, dan hal ini berhubungan dengan poin ke 4 tadi yaitu aplikasi yang berlebihan.


5. Baterai Perlu Kalibrasi Ulang


Nah penyebab terakhri sekaligus solusi palign baik biasanya beberapa baterai yang boros itu bisa jadi karena tidak pernah dikalibrasi.

Maksud kalibrasi disini ayitu mengembalikan performa baterai seperti sedia kala namun bukan berarti membuat baterai HP seperti baru ya, perlu dicatat itu.

Untuk cara kalibrasinya sendiri tiap HP bisa berbeda beda jadi silakan dicari tutorialnya di Youtube sesuai tipe hP kalian.

Kalau HP kalian Xiaomi saya pernah buat artikelnya : cara kalibrasi baterai xiaomi

 

Demikian sedikit yang bisa saya bagikan, semoga saja artikel Penyebab Baterai HP Cepat Habis beserta Solusinya ini bisa bermanfaat.

Apabila ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ya!...

Tips Trik

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]