√ [TERMUDAH] 6+ Cara Menghilangkan Mode Aman HP - Hafal Android
√ [TERMUDAH] 6+ Cara Menghilangkan Mode Aman HP

√ [TERMUDAH] 6+ Cara Menghilangkan Mode Aman HP

to read
Kerusakan dan perbaikan dalam sistem HP Android sangatlah banyak, salah satu yang membingungkan ialah ketikan ingin menghilangkan mode aman HP setelah memakainya.

Mode Aman atau Safe Mode ini pasti ada di semua HP Android merk apapun mulai dari Oppo, Samsung, Vivo hingga Xiaomi.

Ciri jika kita masuk ke mode aman yaitu terdapat tulisan dibagian kiri bawah yaitu bertuliskan "Mode Aman (Safe Mode) " lebih mudahnya saya bilang seperti wstermark deh.

Nah karena itulah pada kesempatan saat ini admin hafalandroid telah merangkum buat kalian yang ingin menghilangkan tulisan watermark mengganggu tersebut.

Jadi sejatinya bukan menghilangkan ya, tetapi kemungkinan besar kalian masuk ke mode aman secara tidak sengaja sehingga munculah tulisan tersebut.

Intinya... Kita hanya tinggal keluar dari mode aman (safe mode) tersebut. Bagaimana itu? Perhatikan baik baik semua ulasan poin poin dibawah sini.

Apa itu Mode Aman (Safe Mode) di HP Android

Buat yang tidak tahu, secara singkat mode aman atau safe mode ini merupakan suatu mode yang membuat kita bisa merubah sistem secara aman.

Maka inti fungsinya yaitu sistem asli kita akan dalam kondisi baik baik saja kalau kita sudah mengubah apapun pada mode amab (safe mode) ini.

Tetapi semua perubahan pada safe mode tersebut juga bisa kok diaplikasikan ke sistem asli ponselnya, so garis besarnya mode ini sangat berguna buat yang suka otak sisten HP tanpa takut rusak / brick.

Pelajari juga : hp tidak bisa getar

Penyebab HP Tiba Tiba Muncul Mode Aman

Nah nih poin penting juga yang membuat orang bingung kenapa HPnya tiba tiba muncul tulisan mode aman alias masuk mode aman itu sendiri, dan saya pribadi pun juga pernah mengalami hal ini.

Yang menjadi penyebab utamanya yaitu terdapat suatu tombol yang tidak sengaja tertekan pada ponsel saat sedang dihidupkan.

Tetapi tidak cuma itu saja, ternyata psda beberapa kasus hal ini terjadi tiba tiba dikarenakan adanya aplikasi pihak ketiga terinstal ketika HP sudah diroot

Karena kalau kita tahu fungsi root hp itu salah satu kerugiannya yakni bisa membuat file data sistem korup jika gagal atau meski sukses sapi tidak 100%.

HP kalian masuk ke mdoe aman sendiri ini setelah terkena air? coba abca penanganan yang tepat di artikel : cara mengatasi hp terkena air ya, karena takutnya ada tombol yang belum kering sehingga memencet sendiri.

Oh iya perlu dicatat juga, bahwa kalian tidak perlu kuatir meski muncul tulisan mode aman atau masuk ke mode aman ini bukan berarti ponsel kamu ada kerusakan. Semuanya aman kok, jadi kalian bisa coba menghilangkan ya dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Mode Aman HP Android

Menghilangkan Mode Aman HP

Perlu diketahui bahwa Cara Menghilangkan Mode Aman HP yang saya bagikan ini dari pengalaman menggunakan ponsel Xiaomi, jadi bisa diterapkan juga ke merk lain seperti Samsung, Oppo ataupun Vivo.

Antara lain macam macam cara tersebut yaitu seperti ini :

1. Mulai Ulang / Restart HP

Menghilangkan Mode Aman HP Dengan Restart

Ternyata cara pertama yang paling simpel untuk keluar dari mode aman (safe mode) HP android merk apapun itu yakni dengan merestart HP tersebut saja.

Karena pada dasarnya safe mode / mode aman di HP itu tidaklah permanen gengs, melainkan hanya bersifat sementara dan rata rata kan masuknya tidak senagaja karena terpencet maka dengan direstart besar kemungkinan akan kembali ke sistem asli HP.

Untuk melakukan restart HP tentu kalian sendiri telah mengetahuinya, yang kurang lebih begini :

  1. Tekan dan Tahan Tombol Power HP kamu hingga muncul beberapa pilihan
  2. Silahkan pilih Matikan Daya jika ingin mematikan HP langsung dan menghidupkannya manual dengan tombol power lagi.
  3. Atau pilih Mulai Ulang untuk membuat HP mati dan langsung hidup sendiri tanpa menekan tombol pwoer.
  4. Selesai dan silahkan cek apakah masih ada mode aman / safe mode atau tidak.
  5. Buat kamu yang tombol powernya rusak bisa coba aplikasi power off di Playstore ya


2. Cek Aplikasi Terinstal di HP

Cek Aplikasi Terinstal Penyebab Untuk Menghilangkan Mode Aman HP

Jika dengan merestart tapi kalian masih sering tiba tiba masuk sendiri ke mode aman, maka besar kemungkinan ada brick pada sistem HP kamu yang biasanya pada beberapa kasus disebabkan oleh aplikasi baru terinstal terutama setelah Root.

Mudah kok mengatasinya, kalian cukup mengingat ingat saja apa sih aplikasi yang baru saja terinstal sebelm kalian mengalami masuk ke mdoe aman (safe mode(. Kalau tidak tahu caranya, ikuti langkah berikut ::

  1. Buka aplikasi Google Playstore di HP kamu
  2. Klik opsi garis tiga di pojok kanan bawah untuk masuk ke opsi pilihan menu
  3. Pilih pada menu "Aplikasi Terinstal"
  4. Klik lagi pada "Terinstal"
  5. Pada urutan aplikasi teratas itulah yang menjadi aplikasi baru terinstal di HP kamu
  6. Sekarang kalian tinggal menghapus saja aplikasi tersebut.
Pada beberapa jenis aplikasi ada yang tidak bsia urut ke aplikasi terinstal di Playstore, jadi kalian benar benar harus ingat apa aplikasi tersebut lalu menghapusnya dari Pengaturan / Setelan HP kamu seperti ini :
  1. Buka Setelan Android.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu buka.
  4. Setelah itu ketuk tombol Hapus Instalasi.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.

3. Menghapus Cache HP

Cara Menghilangkan Mode Aman HP dengan Hapus Cache

Opsi terbaik berikutnya yang bisa kalian coba untuk menghilangkan mode aman HP android ialah dengan menghapus cache HP kalian.

Ini memang terbukti pada beberapa kasus masalah HP seperti Suara HP Kecil, memori xiaomi penuh dan lain sebagainya rata rata didasari oleh cache.

Jadi bisa dibilang cache ini bisa merusak sistem jika terlalu lama menumpuk ya gengs, karena dia bisa korup kapanpun.

Untuk membersihkannya tanpa aplikasi kalian bisa lewat mode recovery yang lebih jelasnya seperti langkah langkah berikut ini :
  1. Matikan ponsel Kamu
  2. Masuk ke Mode Recovery HP kamu masing masing (umumnya kombinasi tekan dan tahan tombol Power + Volume Down).
  3. Setelah berhasil masuk ke menu Recovery silahkan pilih pada opsi "Clear Cache".
  4. Tunggu hingga proses penghapusan cahce selesai
  5. Restart HP kamu sekarang.
Jika dirasa lewat menu recovery tersebut terasa suash, maka kalian bisa melakukan hapus cahce di HPnya memakai beberapa rekomendasi aplikasi seperti CCleaner, CM Security dan semacamnya.

4. Menggunakan Kombinasi Tombol

Masuk ke Mode Lain Untuk Menghilangkan Mode Aman HP

Pada beberapa ponsel contohnya Xiaomi kita bisa menggunakan kombinasi tombol untuk masuk ke mode lain seperti fastboot Xiaomi dan lain sebagainya.

Antara lain langkah langkahnya yaitu :
  1. Pada kondisi HP masuk mode aman 
  2. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power + Volume Down hingga masuk ke mode recovery
  3. Lalu setelah berada di mode recovery silahkan langsung klik Reboot System Now
  4. Dengan begini otomatis ponsel kamu akan hilang mode amannya akrena kamu sudah melakuakn restart pada mdoe recovery bukan mode aman langsung.
  5. Selesai

5. Melepas Baterai HP

Cara Menghilangkan Mode Aman HP Dengan Mencopot Baterai

Jika usaha dari mengoperasikan HP langsung lewat berbagai opsi diatas masih tidak berhasil, maka kalian bisa mencoba dengan melepas baterai HP kamu.

Cara ini merupakan paling ampuh dan solutif sekali untuk beragam masalah HP, langkah langkah melepas baterai yang aman begini gengs :
  1. Pertama matikan dulu ponsel kamu biar lebih aman
  2. Lalu buka casing belakang HP kamu
  3. Silahkan lepas baterainya (jika non removable pastikan kalian mengerti ya sambungan yang harus dicopot, kalau tidak mengerti jangan dipaksa).
  4. Setelah baterai terlepas, coba diamkan 3-5 menit dulu lalu langsung pasang lagi
  5. Hidupkan lagi ponsel kamu

6. Mereset HP

Reset HP Untuk Menghilangkan atau Keluar Mode Aman

Nah solusi terakhri yang paling tepat apabila berbagai cara diatas tidak ad ayang berhasil satupun ialah dengan langsung saja mereset HP kalian.

Dengan cara ini jelas dijamin kesusesannya hingga 100%, karena kita akan membuat kita seperti baru, efek efek root tidak akan ada yang tersisa.

Untuk melakukannya ada 2 opsi, bisa langsung elwat reset data pabrik atau melalui recovery. Yang paling mudah lewat setelan reset data pabrik seperti ini :
  1. Buka pengaturan / setelan HP android kamu
  2. Temukan menu "Setelan Tambahan / More Settings"
  3. Pada menu tersebut klik pada "Cadangkan & Setel Ulang"
  4. Klik "Reset Data Pabrik"
  5. Lakukan konfirmasi dan klik "Hapus Semua".
  6. Tunggu proses peresettan selesai dengan ditandai ponsel restart otomatis hingga masuk homescreen lagi


Udah keluar mode aman tiba tiba aplikasi terkunci? baca : cara membuka aplikasi yang terkunci di android

Akhir Kata

Saya rasa cuma itu saja yang bisa saya berikan gengs, semoga dengan cara tersebut kalian bisa menghilangkan mode aman hp yang tidak hilang hilang di ponsel kamu.

Kalau kamu sendiri punya pengalaman solsui tambahan silahkan berkomentar ya, karena itu bisa berguna untuk yang lain agar saya tambahkan ke artikel ini sehingga lebih komplit. Terima kasih :D.
Tips Trik

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]