√ [SOLVED] 5+ Cara Atasi HP Berbunyi Kresek, Beep, Tut - Hafal Android
√ [SOLVED] 5+ Cara Atasi HP Berbunyi Kresek, Beep, Tut

√ [SOLVED] 5+ Cara Atasi HP Berbunyi Kresek, Beep, Tut

to read
Kalian bingunng saat HP berbunyi kresek, beep tut ataupun suara suara lain yang sejenis seperti itu? tentu sangat mengganggu sekali kan.

Karena tak bisa dipungkiri jika fungsi speaker pada HP sangatlah penting contohnya dalam dipakai untuk telepon, mendengarkan musik ataupun menonton video.

Itulah kenapa orang pasti bingung jiak tiba tiba mengalami masalah speaker hp berbunyi seperti itu, dan hal ini bisa terjadi pada semua merk HP tak terkecuali Samsung, Xiaomi, Oppo ataupun Vivo.

Pasti kalian penasarn kan kenapa hal itu bisa terjadi? nah tepat sekali pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa saja penyebabnya dan disertai solusi untuk menanganinya. Yuk simak pada beberapa segmen dibawah sini.

Penyebab HP Berbunyi Kresek, Beep dan Tut

Adapun beberapa hal sebab yang perlu diketahui kenapa hp bisa mengeluarkan bunyi suara kresek, beep dan tut. Hal-hal tersebut antara lain yaitu :

Pelajari Juga : Penyebab dan Solusi HP Tidak Ada Suara

  • Kesalahan Pengaturan Sistem
Bunyi kresek dan Beep hingga tut, bisa terjadi karena adanya suatu kesalahan dalam pengaturan Sistem itu sendiri, misalnya kalian mengatur bunyi beep akan keluar ketika ada orang yang mencoba mengakses HP atau semacamnya.

  • Error Pada Sistem
Selain kesalahan pada pengaturan sistemnya, ternyata sistem mengalami eror pun akan bisa mengeluarkan suara suara kresek dan semacamnya. Biasanya sih keeroran ini terjadi setelah Rooting, flashing salah ROM atau bahkan menginstal Custom Rom.

  • Jalur Menuju Speaker Terganggu
Bisa saja tyang menjadi sebab keluarnya suara kresek ataupun sejenisnya itu disebabkan oleh alur yang menuju speaker terhambat atau terdapat gangguan seperti terbakar kah sehingga dia tidak mengeluarkan suara sebagaimana mestinya.

  • Kerusakan Komponen IC HP
Penyebab yang terakhir yaitu kerusakan terjadi pada bagian bagian IC HP, jadi tidak hanya jika IC Speaker saja yang rusak lalu mengeluarkan suara kresek dan tut. Namun 80% ketika IC Power, IC Audio dan IC IC lain bermasalah itu bisa membuat HP mengeluarkan Bunyi demikian.

Nah sudah tahu apa saja sebabnya kan? allu gimana nih mengatasinnya, silakan ikuti beberapa cara yang telah saya sediakan berikut.

Cara Mengatasi HP berbunyi Kresek, Beep dan Tut

Penyebab dan Solusi HP berbunyi Kresek, Beep, Tut

1. Reset Sistem HP

Reset Data Sistem HP Berbunyi Kresek

Daripada ribet ribet mengatur lewat Setelan Sistem yang mana kemungkinan berhasilnya sangat kecil, maka saya langsung saja menyarankan untuk melakukan reset HP tersebut.

Tujuannya agar semua pengaturannya kembali ke semula dan semua Eror efek ganti Cusrom, Rooting dan sebagainay bisa beres juga.

Cara meresetnya sendiri tiap HP bisa berbeda beda, tapi secara garis besar begini :
  1. Buka Pengaturan HPnya
  2. Klik pada opsi "Setelan Tambahan" atau jika ada langsung "Privasi & Keamanan"
  3. Temukan opsi "Cadangkan & Setel Ulang"
  4. Pilih "Kembalikan ke Setelan Pabrik".

2. Mengeringkan HP Jika Setelah Terkena Air

Rendam Speaker HP Berbunyi Beep Terkena Air

Kamu mengalami masalah HP berbunyi Kresek, Beep dan Tut ini setelah terkena air? maka solusinya yaitu langsung keringkan menggunakan sinar matahari atau merendamnya di beras

Untuk cara mengeringkannya pastikan dicopot dahulu semua bagiannya seperti Casing, SIM Card, dan Baterai (jika bisa). INGAT! Jangan dikeringkan dengan cara meniup, karena airnya akan mengalir ke komponen lain dan semakin banyak yang rusak.

Penanganan lebih jelas soal ini, bisa kalian baca : cara mengatasi hp terkena air 

3. Masuk ke Menu Hardware Test

Hardware Test Kerusakan Speaker HP berbunyi Kresek

Nah sebelum kita pasrah apakah memang komponen / hardware yang mengalami kerusakan, tidak ada salahnya kita crosscheck ulang agar lebih memastikan.

Caranya yaitu dengan masuk ke mode menu Hardware Test, bagaimana cara masuk ke Hardware test itu? ikuti langkah berikut :
  1. Pertama, silahkan buka "Pengaturan" HPmu
  2. Selanjutnya, langsung klik menu "Tentang Ponsel / About Phone".
  3. Temukan opsi "Kernel Version" dan langsung tap opsi tersebut sebanyak 5 kali
  4. Otomatis akan langsung dibawa masuk ke menu "Hardware Test".
  5. Cailah menu Speaker adn Langsung klik.
  6. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar berikut, dan silahkan menunggu beberapa saat
  7. Otomatis langsung tampilan berubah menjadi muncul 3 pilihan, silahkan dipilih sesuai selera contohnya pilih saja female voice
    Pilihan Mode Menu Hardware Test
  8. Klik pada "Retest"
  9. Coba dengarkan bagian speaker kamu apakah terdapat suara yang muncul atau tidak
  10. Jika tidak maka sudah dipastikan hardware speaker kamu bermasalah.
Cara ini sangat cocok buat kalian kalian yang mengalami amsalah ahrdware lain jgua seperti HP tidak bisa getar, LCD tiadk responsif dan semacamnaya sebelum mengganti komponen langsung.

4. Bawa Ke Service


Opsi pilihan terakhri yang bsia dilakukan dan paling ampuh ialah langsung bawa HP bermasalah bunyi kresek, beep dan tut tersebut ke Service andalanmu atau bahkan Service Center Resmi.

Karena dengan demikian yang mengecek sudah ahlinya, jika kerusakan komponen masih memungkinkan pasti akan diperbaiki tapi jiak tidak ya minta ganti baru komponennya.

Jika pada pengalaman saya speaker HP rusak itu service tanpa ganti kena biaya 50-100rb, dan kalau ganti punya teman kena 100-200rb beda tempat dan orang jasanya bisa berbeda lagi gaes.

Maka dari itu apstikan kalian punya langganan servis atau paling tidak ke teman yang punya kenalan service HP biar tidak dimahalin hehe.

HP kamu suaranya mengecil? pelajari : Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Penutup

Begitulah kruang lebih yang bisa saya berikan mengenai beberapa cara mengatasi hp berbunyi kresek, pecah, beep, tut dan semacamnya.

Saya harap dengan cara tersebut bisa berhasil mengatasi masalahnya sehingga hp kamu tidak lagi berbunyi aneh aneh. Terima kasih atas waktunya dan jika ada yang kurang jelas / tidak paham langsung berkomentar saja, Sampai jumpa :D.
Tips Trik

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]