√ 15+ Cara Mengatasi HP Terkena Air Yang Tepat Tidak Error - Hafal Android
√ 15+ Cara Mengatasi HP Terkena Air Yang Tepat Tidak Error

√ 15+ Cara Mengatasi HP Terkena Air Yang Tepat Tidak Error

to read
Siapa sih yang tidak bingung memikirkan cara mengatasi hp terkena air karena takut nantinya error pada bagian lcd, speaker atau hingga mati total terkena mesinnya.

Mungkin bisa dibilang sebagian orang bahkan hampir seluruhnya pasti pernah mengalami yang namanya HP terkena air ini tanpa sengaja.

Itulah kenapa saat ini pun sudah mulai dibuat ponsel ponsel berlabel Waterproof agar mempunyai daya tahan terhadap air lebih kuat misal diajak berenang.

Setiap kasus orang terkena air itu berbeda,  jadi untuk cara mengatasinya pun tergantung kondisi ponselnya parah atau tidak.

Berikut saya admin hafalandroid.id coba menyediakan beberapa cara yang bisa kalian coba dan sudah terbukti ampuh saya lakukan. Yuk diperhatikan baik baik!

Apa Saja Yang Terjadi Saat HP Kena Air?

Seperti yang sudah saya sebutkan beberapa di awal pembukaan tadi, bahwa ketika ponsel terkena air hal hal yang bisa terjadi yaitu eror lcd dan kondisi lainnya seperti :
  • HP jadi mati total
  • HP masih nyala tapi tidak berfungsi normal (layar sentuh tidak responsif, speaker tidak jelas dan semacamnya)
  • HP muncul bunyi kresek dll, solusi lebih jelasnya bisa cek : HP Berbunyi kresek, beep, tut
  • HP jadi blank layar putih
  • HP sering restart sendriri (bootloop)
Jadi jangan diremehkan ya saat hp kena air sebaiknya segera diatasi dengan beberapa cara yang sudah admin sediakan dibawah sini.

Tips dan Cara Mengatasi HP Terkena Air Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Kurang lebih ada 6 macam solusii yang bisa kalian lakukan dalam mencegah hp konslet kena air versi pengalaman mimin, antara lain yaitu :

1. Cepat Matikan HPmu

Matikan Ponsel Yang Terkena Air

Langkah awal yang tepat untuk menangani HP saat terkena air entah karena air hujan atau karena nyemplung ke air ialah dengan langsung mematikan HP kamu. Tujuannya untuk meminimalisir aliran listrik mesin yang sedang ebrjalan tersentuh air jadi konslet nantinya.

Perlu dicatat! bahwa mematikannya jangan cabut baterai ya, tapi melalui tombol power langsung.

2. Lepas Baterai, SIM Card dan Kartu Memori

Copot Baterai, Slot Kartu SIM dan Kartu Memori HP Yang Kena Air

Baru deh setelah mematikan HP pada langkah pertama tadi lewat tombol power, sekarang lepaskanlah baterai Hpmu beserta komponen seperti SIM Card dan Kartu Memori.

Jika kamu punya pengalaman membongkar HP, maka copot langsung saja semua komponen lainnya termasuk seperti lensa kamera, WTR, dan semacamnya itu.

3. Keringkan Bagian Luar HP (LCD)

Usap Keringkan Bagian Luar Layar LCD HP kena Air

Bagian luar yang dimaksud jelas saja yaitu LCD, karena kalau back cover untuk apa di keringkan itu cukup dilap saja.

Karena pada umumnya LCD ini yang paling sering rusak saat HP sudah terkan air, sebab kalau dari bahan materialnya sangat lunak apalagi jika terkena kelembapan air gaes. Dan jika tidak ditangani air yang masuk itu bsia berubah menjadi flek hitam di layar.

Jadi untuk mengeringkan bagian LCD ini bisa memakai tisu /  kain yang halus, lalu usapkan secara perlahan tidak perlu ditekan! nanti malah bisa merusak Touchscreen entah senisitfnya atau malah retak juga.

4. Jangan Sampai Meniup Ponsel

Jangan Meniup Untuk Mengeringkan HP Kena Air

Meski tujuan kita di langkah 2 dan 3 yaitu mengeringkan, tapi jangan sampai cara mengeringkan kamu dengan meniup ya. Itu malah akan membuat air bisa tergeser ke area area yang malah fatal.

Maka cara paling tepat yaitu memakai alat bantu seperti vacuum cleaner dan sejenisnya, karena air akan bisa keluar secara aman.

5. Keringkan Semua Bagian Ponsel

Merendam Dengan Beras HP Yang Terkena Air

Jika semua proses pengeringan sudah dilakukan baik itu dari LCD dan komponen dalam seperti SIM Tray, Baterai dan semacamnya.

Maka kini kita tinggal mengeringkan bagian manapun dengan cara direndam. Loh direndam? eits bukan direndam di air dong gaes, yaitu direndam pada wadah berisi beras atau silica gel.

Beras itu mempunyai sifat menyrap air, jadi silahkan rendam ke dalam beras HPmu selama 1 hari 24 jam penuh.

6. Pasang Ulang Semua Komponen dan Hidupkan HP

Hidupkan Ulang HP Yang Sudah Terkena Air

Setelah semua proses diatas maka kini tinggal memasang kembali semua komponen yang dilepas lalu langsung nyalakan ponselnya.

Silahkan dicoba coba HPmu pada bagian yang penting seperti LCD Touchscnreen apakah normal tidak ada masalah, speaker tetap jernih, kamera dan sebagainya.

Jika normal semua, SELAMAT Penanganan sukses.

HP udah hidup tiba tiba IMEI hilang? baca : cara memperbaiki imei hilang null invalid

Hal Hal yang Wajib Dihindari Saat HP Kena Air

Hal Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika HP Terkena Air

Adapun beberapa tambahan hal hal yang tidak boleh kalian lakukan saat HP terkena air agar tidak memperburuk kondisi sehingga tidak bisa diatasi dengan proses proses diatas. Hal hal tersebut yakni sebagai berikut :
  • Jangan mengeringkan HP dengan Hairdrayer, Oven ataupun sejenisnya
  • Jangan mengecas atau menyambungkan HPmu kealiran listrik saat baru terkena air.
  • Jangan mengocak / menggoyang goyangkan HP dengan tujuan air keluar, karena ini fatal.
  • Jangan hidupkan HP setelah terendam air hanya karena mengira bagian luar kering, sebab komponen dalam jika ponsel dihidupkan dan masih ada air maka pasti konslet.
  • Jangan menekan tombol apapun itu kecuali tombol untuk mematikan HP tersebut saat awal terkena air yaitu tombol power off.
  • Hindari layar LCD dari kapas, karena bisa lengket.

Sinyal kamu bermasalh setelah HP terkena air? baca : solusi jaringan seluler tidak tersedia

Jika semua proses diatas dilakukan dengan benar, maka insya Allah hasilnya akan berhasil membuat ponsel tetap normal semula.

Demikian yang bisa saya berikan, semoga saja cara mengatasi hp terkena air ini bisa bermanfaat dan kalau punya pertanyaan langsung berkomentar saja. Terima Kasih :D.
Tips Trik

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]