2 Cara Backup Data WA (Chat, Foto & Video) Terbukti! - Hafal Android
2 Cara Backup Data WA (Chat, Foto & Video) Terbukti!

2 Cara Backup Data WA (Chat, Foto & Video) Terbukti!

to read
Sebenarya cara backup data wa ini banyak dicari akhi rkahir ini karena rata rata orang ingin saat ponsel mereka hilang, rusak dan semacamnya data mereka tetap aman tidak hangus.

Fitur fitur pembackupan ini sudah ada sejak awal WA dirilis, dimana kita akan selalu ditawarkan untuk mencadangkan suatu data kita lewat Google Drive yang panduannya juga ada di FAQ WhatsAppp.

Apalagi buat mereka yang sering gonta ganti hp tentu data adalah aset paling berharga, dimana pada artikel cara memindahkan wa ke hp baru sudah mimin jelaskan juga secara detail.

Nah buat kalian yang ingin tahu untuk di ponsel yang saat ini kalian pakai ini takut ada masalah seblum data teramankan, silakan disimak saja cara backup data yang hafalandroid.id sediakan dibawah sini.

Tips dan Cara Backup Data WA di Android Lengkap


Perlu diingat juga untuk cara backup gbwhatsapp mungkin bisa dicoba saja ya, karena bisa saja ada langkah yang sama ada juga yang beda.

pelajari juga : cara mengganti nomor wa

1. Backup Data Files Dengan Google Drive


Bisa dibilang inilah cara backu data wa paling simpel dan praktis karena tak perlu alat bantu tambahan sebab fiturnya sudah disediakan oleh WhatsApp, langkahnya yaitu :
  1. Pertama, jalankanlah aplikasi WA di ponsel kamu
  2. Selanjutnya, buka Pengaturan / Setelah
  3. Lalu, pilih dibagian Chat
  4. Klik pada Cadangan chat
  5. Kemudian, secara otomatis maka kalian akan diarahkan secara otomatis ke halaman masuk Akun Google yang akan dibuat GDrive.
  6. Setelah itu, kalian lakukanlah penyimpanan ke akun Google Drive bebas di taruh difolder atau diluar.
  7. Dan disana akan terdapat beberapa pilihan mulai dari Harian, Mingguan, Bulanan Hingga Tahunan.
  8. Selesai tunggu prosesnya deh

2. Backup Data File Dengan Cara Mentransfer


Nah pilihan langkah berikutnya ini yang cukup ribet karena memerlukan bantuan alat tambahan berupa PC/Laptop, seperti apa langkahnya? antara lain sebagai berikut :
  1. Mula mula, bukalah pengelola file android kamu melalui PC/
  2. Pada ponsel android yang terinstall WhatsApp itu, maka sekarnag Uninstallah dahulu untuk mengetahui dimanakah letak folder database milikmu.
  3. Lalu, bukalah folder penyimpanan penyimpanan, kalau internal maka = Internal / WhatsApp Database, kalau External = sdcard/ WhatsApp  / Databse.
  4. Kemudian didalam folder Databse itu kalian bisa menemukan beberapa file obrolan berformat .msgstore-yyyy-mm-dd1.db.crypt8.
  5. Silakan ganti saja nama “msgstore.db.crypt” dengan ditambahi “OLD” yang mana jadi “old.msgstore.db.crypt8”, Berikutnya di chat file cadangan yang ingin Anda pulihkan . contoh: “msgstore-2019-07-05.1.db.crypt8” ubah nama jadi “msgstore.db.crypt8”. (Saya menggunakan file backup terakhir).
  6. Nah sekarang angsung saja Copy dan Paste hasil ubahan itu ke folder WhatsApp / Database
  7. Keluarlah dari pengelola file / file managernya, lalu instal kembali saja WhatsAppnya.
  8. Langsung jalankan saja aplikasi WhatsApp itu, dan akan ada pilihan popup pilih saja plihkan. 
  9. Selanjutnya, File “msgstore.db.crypt8” akan dipulihkan (lihat kapasitas ukuran file, sama dengan yang dipulihkan) dan sekarang pesan atau obrolan Anda telah kembali. 
  10. Beres gaes.

Bosan dengan nada dering wamu? cek artikel : nada notifikasi wa keren

Demikianlah kurang lebih panduan yang bisa saya berikan mengenai cara backup data wa baik mulai dari chat, dokumen dan lainnya. Semoga bermanfaat :D.

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]