3 Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe Terlengkap! - Hafal Android
3 Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe Terlengkap!

3 Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe Terlengkap!

to read
Siapa sih yang tak kenal dengan ponsel Xiaomi? ponsel yang mempunyai harga sangat sangat terjangkau terutama bagi kalangan menengah kebawah. Itulah mengapa demi menjaga keamanan tersebut pun semenjak pertengahan tahun 2016 semua ROM rilisan Xiaomi diberi sistem bootloader terkunci (lock bootloader). Dan sebab hal tersebutlah banyak yang mencari bagaimana cara unlock bootaloader xiaomi itu tadi.

Dimana tujuan pihak Xiaomi sendiri menciptakan hal tersebut guna menjaga kestabilan para penggunanya dari pembentukan Xiaomi palsu. Namun alasan mengapa beberapa orang masih ada yang ingin membuka bootloader itu ialah ingin melakukan pindah ROM. Jadi syarat utama agar seseorang dapat mengganti ROM / Install MIUI 10 ialah Unlock Bootloader (bootloader terbuka).

Nah karena begitu penting berikut ini hafalandroid.id sajikan bagaimana cara mengunlock bootloader tersebeut yang mana terbagi jadi beberapa cara jadi, Yuk simak baik baik pada beberapa segmen segmennya.

Kumpulan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Lengkap

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Sejatinya UBL ini pun tak hanya menghalangi proses ganti ROM melainkan pula kalian tak bisa mencoba cara flash HP Xiaomi untuk mengatasi ponsel yang bootloop. Jadi bisa dibilang bukan penting lagi bagi mereka yang sering oprek android hehe. Terlebih lagi kalau ponsel Xiaomi kamu tersebut Garansi Distributor akan jadi mitor memperoleh update OTA Resmi apabila tidak UBL.

Apa itu Unlock Bootloader (UBL)?

Mungkin bagi kamu yang awam atau tak pernah melakukan oprek sama sekali terhadap android merk apapun itu, pasti akan merasa asing dengan namanya Unlock Bootloader, itulah emngapa disini kami ingin memberikan pengertian unlock bootloader.

Unlock bootloader adalah suatu booting normal yang dipakai oleh semua perangkat android yang mana itu akan menjadikan pengarah kemana kernel OS nanti berjalan. Dan demi membedeakan setiap merk atas ponselnya Bootloader diciptakan oleh versinya sendiri sendiri.

Kesimpualnnya dari pengertian tersebut yakni tak semua ponsel bisa melakukan cara root android yang sama termasuk pada ponsel Xiaomi ini. Bahkan ada beberapa vendor smartphone yang memberlakukan penghilangan garansi apabila kunci bootloader mereka terbuka.

Berarti, orang yang memang ingin melakukan UBL ini benar benar tau akan konsekuensi tersebut dan berkeinginan tinggi merubah ROM mereka bisa saja karena bosan dan kepentingan lainnya ya.

Keuntungan dan Kerugian Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi

Jika diatas tadi sempat kami sebut sebut sedikit soal kenapa diperlukannya UBL, pasti ada yang bertanya tanya lagi memang apalagi sih selain bisa mengganti ROM saat ponsel udah UBL?

Nah coba simak baik baik dibawah ini ya, akan kami jelaskan juga kerugiannya secara lengkap.

Kekurangan Sebelum Unlock Bootloader di Xiaomi

  • Kalian tak akan bisa melakukan flashing via MiFlash karena wajib UBL dulu
  • Jawaban terbaik untuk yang tak sukses sukses menggunakan cara unroot android karena dengan lockbootloader kalian root akses hilang.
  • Untuk update via recovery masih memerlukan PC Suite.

Kekurangan Setelah Unlock Bootloader di Xiaomi

Ini karena kalian tak asal asal nuduh juga terhadap orang yang menyarankan kamu untuk UBL, antara lain kerugian setelah UBL tersebut yaitu :
  • Kekurangannya sangat sedikit karena saya sendiri ubl dan makin sayang sama ponselnya garibet.
  • Aplikasi Mbanking kemungkinan besar tak dapat dijalankan.
  • Keamanan sistem akan berkurang atau biasa disebut rawan malware. Jadi meski kamu sudah mengikuti cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi pun namanya malware bisa nembus gengs haha.

Kelebihan Unlock Bootloader (UBL) di Xiaomi

  • Kalian bebas untuk mengikuti cara root hp xiaomi yang mana karena pasti berhasil, serta bisa menginstal twrp, Xposed, ganti ROM apapun asal cocok seenak jidat.
  • Bisa mengetweak ataupun cara membuka hp xiaomi lainnya semisal lupa sandi dll
  • Gak akan bikin lemot gausah lebay bisa dikunci lagi kok :D

Alat & Bahan Unlock Bootloader Xiaomi

Nah setelah kalian tahu apa itu unlock bootloader serta hal hal tenang manfaat ataupun resiko melakukannya. Sekarang kita sudah ke fase tahap siap ekseskusi yaitu menyajikan apa saja syarat yang diperlukan agar proses berjalan mulus. Antara lain itu semua sebagai berikut :

  • Pernah login akun mi minimal 6 hai

Apabila ponsel Xiaomi kamu masih baru beli ataupun bekas, pastikan melakukan login dulu ke Akun Mi (Mi Account) minimal 6 hari. Karena kalau tidak sampai 6 hari nanti akan muncul notifikasi bertuliskan "Current Account is Not Bound to This Device".

Yang mana itu artinya ponsel kamu belum pernah atau tidak pernah sama sekakli memakai akun MI (Mi Account) itu sebenarnya disebbakan piahk Xiaomi sendiri membutuhkan waktu untuk memperbarui sistemnya. Alhasil akhirnya nanti dipastikan gagal!.

  • Mengajukan Permohonan / Request UBL

Jadi syaratnya pun kalian perlu melakukan request terlebih dahulu ke situs resmi Xiaomi dengan menggunakan bahasa inggris dan alasan yang diberikan itu sesuai keadaan dan harus masuk akal ya.

  • Memakai ROM Asli

Yang dimaksud asli disini ialah rom global dan stable bukan developer ataupun beta ya gengs. Jadi bagi kamu yang memakasa pakai ROM abal2 alias bukan resmi kalau gagal UBL ya jangan nangis. Serta jangan sampai kamu salah menginstal ROM yang tidak sesuai tipe hp kamu, jadi baca dulu cara mengetahui tipe hp xiaomi agar tidak terjadi kesalahan tersebut.

  • PC & Kabel Data

Jangan lupa untuk kalian menyiapkan PC serta penghubung ponsel ke PC yaitu kabel data/usb (rekomendasi kabel data bawaan). Lalu pastikan didalam PC tersebut sudah kalian isntal Minimal ADB Fastboot dan Mi Unlock Tools ya.

Langkah Langkah Unlock Bootloader Xiaomi

coba juga : cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi
Setelah semua dasar dasar paham, lalu persiapan berupa alat dan bahan juga sudah siap maka kini kita sudah bisa langsung mengikuti langkah demi langkahnya. Yang antara lain langkah tersebut berikut ini :

1. Aktifkan Mode Pengembang

Pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mengaktifkan mode Mode Pengembang / Developer Options. Caranya masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Lalu pada Versi MIUI ketuk beberapa kali sampai muncul tulisan "Anda Sudah Jadi Pengembang". (Lebih jelas cek Gambar).

2. Request Unlock Bootloader Xiaomi

Nah lalu Kini kalian tinggal melakukan request dulu ke pihak Xiaomi bahwa ingin mengUBL Ponselnya. Tahap ini terdapat 2 macam cara yang dapat kalian pilih yaitu dari pengaturan ponsel atau lewat browser. Antara lain langkah langkahnya sebagai berikut :

a. Request UBL lewat pengaturan
  1. Pertama akseslah Opsi Pengembang yang sudah kalian buka pada poin 1 tadi, yang mana cara masuknya yaitu Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang
  2. Pada opsi pengembang tersebut gulir kebawah temukan "Status Mi Unlock" langsung pencet.
  3. Selanjutnya akan muncul popup berupa izin langsung saja kalian tekan opsi "Setuju"
  4. Perlu diingat sebelum melakukan aktivitas Status Mi Unlock ini, cek kembali bahwa kartu SIM yang kalian pakai adalah nomor yang ada di slot SIM 1 dan pakai data internet kartu tersebut (DILARANG Wi-Fi)
  5. Selanjutnya, kalian hanya perlu tekan tombol "Tambah Akun dan Perangkat" secara otomatis proses akan berlangsung.
    Cek Status Mi Unlock
  6. Silakan tungu sampai muncul notifikasi "Berhasil ditambahkan, Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang". dimana itu berarti tandanya sukses
    Cek Status Mi Unlock
  7. Namun apabila gagal, kalian hanya tinggal lebih teliti dan mengulangi langkah langkah tersebut pasti sukses kok :).

b. Request UBL lewat browser
  1. Silakan aksese halaman request UBLnya di : http://en.miui.com/unlock/
  2. Setelah masuk halamannya, klik pada tombol "Unlock Now"
    Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi lewat Browser
  3. Lalu, kalian akan diminta untuk memasukan akun Mi yang dipakai di ponsel ingin UBL tersebut. Agar lebih mudah gulir kebawah dulu ganti bahasa ke english.
    Login Akun Mi UBL
  4. Login ke akun mi memakai nomor ponsel kamu tersebut, jika sudah klik saja "Sign In"
  5. Apabila sudah sukses sign in, maka akan ada pengisian Nickname dll (apabila kalian belum pernah terdaftar di Mi Forum).
  6. Klik Activate
    Aktivasi Akun Mi Forum UBL
  7. Maka kamu akan dialihkan ke Forum Mi berbahasa China, gausah pencet apa2 diamkan
  8. Sekarang kembalilah ke http://en.miui.com/unlock/ dan klik lagi "Unlock Now"
  9. Kalian akan langsung disuruh mengisi Nama dan data data lainnya serta "Alasan Mengapa Kamu Ingin UBL" (jika tidak dialihkan kesini coba ganti browser / bersihkan cache browsermu)
  10. Jika sudah terisi semua, silakan centang pada bagian bertuliskan "I Confirm that i have read and accepted the Unlocking Disclaimer"
    Alasan UBL Xiaomi
  11. Klik Apply Now.
  12. Setelah itu cek SMS pada ponsel kamu yang digunakan pada akun Minya
  13. Masukkan kode verifikasi yang ada di SMS tersebut dan klik "Next"
  14. Kalian akan dialihkan ke halaman bertuliskan "Submitted, Please wait for review", tunggu saja hingga memperoleh SMS seperti berikut
    Verifikasi Akun mi Unlock
    Notifikasi SMS Sukses Request UBL Xiaomi

3. Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Unlock Tool

Nah setelah poin 1 dan 2 selesai dilakukan kini adalah proses bagaimana membuka . UBLnya dengan memakai Mi Unlock Tool. Antara lain sebagai berikut langkah langkahnya :
  1. Pertama, pastikan PC/Laptop kamu terkoneksi dengan Internet. Lalu, Ekstrak hasil download file Mi Unlock tool dari http://en.miui.com/unlock/download_en.htmll ke Local Disk C (bebas asalkan fodler tanpa Spasi).
  2. Jalankan aplikasi miflash_unlock.exe sebagai Administrator (Run as Administrator), lalu klik saja Agree pada layar tersebut;
  3. Di Mi Unlocknya login pakai Akun Mi yang persis ada di ponsel Xiaomi kamu. *Catat!: gunakan +62 untuk memasukan nomor ponsel kamu kalau tidak maka akan ada jawaban akun tidak ditemukan / doesn't exist
  4. Pencet pada "Sing In"
  5. Nonaktifkan ponsel Xiaomi kamu, lalu masuklah ke mdoe fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power+Vol Down sampai muncul logo Fastboot.
  6. Hubungkan Xiaomi kamu ke Pc / Laptop memakai kabel data bawaan kami sarankan
  7. Silakan tunggu sampai ada tulisan / info bahwa ponsel kamu "Phone Connected"
  8. Aapabila masih tidak terhubung Insall saja MiUsbDriver.exe yang ada pada hasil extractan Mi Unlock Tools tadi.
    Ponsel Xiaomi Tidak Terdeteksi Saat UBL
  9. Selanjutnya, jika ponsel memang sudah terhubung klik saja pada tombol "Unlock",
  10. Tunggulah sampai ada tulisan statusnya apakah berhasil atau gagal, jika gagal akan bertuliskan "Your device isn't Support by Mi Unlock" dan kalau berhasil beruliskan "Unlocked Succesfully". Kurang lebih cek gambar berikut
    Gagal Unlock Bootloader Xiaomi

    Sukses Unlock Bootloader Xiaomi
Nah agar afdol dan yang kalian mengalami kegagalan ingin tahu kenapa itu bsia terjadi? berikut ini beberapa penyebaba kegagalan saat UBL Xiaomi.

Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi

Pada beberapa kasus permasalahan kegagalannya sangat bermacam macam, oleh karena itu ktia sebutkan saja semuanya sebagai berikut :

  • Proses Berhenti / Stuck di 50%
Yang pertama ini merupakan jenis pesan error yang sangat sangat kerap dialami oleh para pengguna Xiaomi ketika hendak melakukan UBL. Aslinya penyebab terjadi erorr ini ialah memakai akun Mi yang tidak sama antara ponsel dan Mi Unlock Toolsnya.

Maka cara mengatasinya apabila ini terjadi, ya kalian tinggal menyamakan saja akun Mi Unlock Tools dengan yang sudah aktif di HP, dan tentunya akun di ponsel tersebut telah melakukan request unlock bootloader.

Apabila masih tidak sukses silakan coba memaksakan agar akun mi terdeteksi di mi.com atau bisa membuat trit ke Forum Mi dengan judul :
  • Screenshot of the unlocking page status
  • Days of application :
  • Miui Account UID
Setelah tanda ":" ini artinya silakan isikan apa tulisan yang ada di error setelah tulisan tersebut.

  • HP Xiaominya tidak terhubung/terdeteksi dengan baik
Sudah berkali kali pada prosesnya kami ingatkan bahwa kegagalan ini juga bisa berasal dari tidak terhubungnya secar abaik saat mengklik eksekusi prosesnya jadi ya wassalam deh.

Cara mengatasi kesalahan ini cukup coba beragam driver driver yang berhubungan dengan Xiaomi seperti MiuSBDriver, 15 Second Xiaomi USB Driver dan sebagainya. Jika suaddah cara pengecekan paling ampuh ialah masuk ke mode fastboot ponsel kamu. Lalu cek lewat CMD PC/Laptop dengan perintah fastboot devices Apabila sudah terhubung secara baik pada layar CMD PC/Laptopnya akan terdapat kdoe unik.

  • Koneksi Internet Tidak Stabil
Hal yang sering pula terjadi yaitu dikarenakan perangkat PC/Laptop kamu ternyat aInternetnya bukan tidak stabil lagi, melainkan sangat lemot. Jadi proses unlocking bootloader yang mengharuskan internet lancar malah terhambat membuat file file dibutuhkan mungkin terkorup.

  • Pernah melakukan Unlock jangka pendek
Dimaksud jangka pendek yaitu kalian pernah melakukan Unlock di device yang sama atau akun mi yang sama dengan waktu yang kurang dari 72 jam. Padahal jeda Xiaomi tetapkan sendiri yaitu 72 Jam gengs. Jadi kalau udah sukses di akunt ersebut ingin melakukan UBL lagi tunggu 72 jam atau setara dengan 5 hari.

  • Tidak disetujui saat request UBL
Melakukan request UBL merupakan syarat paling utama dan pertama untuk bisa suskse melakukan UBL ini. Oleh karena itu ternyata kadang notifikasi tidak disetujui UBL ini dikirim lewat SMS yang mana itu akan sangat sering tidak terbaca oleh beberapa orang.

Jadi pastikan cek SMS kamu apakah benar ada kegagalan, jika benar baca alasannya lalu ulangi requestnya dengan menanggulangi alasan kegagaln tersebut.

Jadi begitulah kurang lebihnya sedikit tutorial soal cara unlock bootlaoder xiaomi ini. Semoga saja kalian bisa mengikutinya dengan mudah. Terima kasih sudah menyimak dengan baik tulisan langkah demi langkahnya.

Apabila kamu mempunyai tambahan atau mempunyai hambatan soal cara ubl xiaomi ini silakan saja berkomentar agar saling sharing :D.

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]