3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet! - Hafal Android
3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet!

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet!

to read
Setiap pemilik ponsel android tentu merasa risih terhadap begitu banyaknya aplikasi bawaan atau yang biasa dikenal aplikasi blootware. Terlebih lagi di ponsel xiaomi, buat apa aplikasi itu terinstal sementara tak pemilik ponsel inginkan?. Itulah mengapa banyak para pengguna Xiaomi yang sedang mencari cari cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi agar penyimpanan mereka longgar.

Selain memenuhi penyimpanan, aplikasi aplikasi tersebut kadang kerap berjalan dilatar belakang misalnya ketika terkoneksi Internet. Contoh saja Mi Drop, setiap kali ponsel kita direstart dan langsung terhubung ke internet dia langsung berjalan tanpa kita perintah. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi aplikasi mirip seperti itu yang tidak mungkin disebut satu persatu.

Pada beberapa versi MIUI atau saat MIUI mendapat Update disana pula terkadang terdapat banyak aplikasi aplikasi bawaan baru yang muncul lagi. Apabila spek HP Xiaomi kita sangat minim lalu terus mengikuti update, bukan kepakai kita deh penyimpanannya haha. Faktor lain yang menyebabkan pengguna xiaomi ingin menghapus aplikasi bawaan ialah ada yang susah banget dihapus secara umum yang artinya memerlukan cara khusus. 

Nah oleh kareana itulah pada ksempatan kali ini hafalandroid.id ingin menyediakan beragam cara yang terbukti ampuh dalam menguninstal blootware (aplikasi bawaaan) di xiaomi. Apa saja cara tersebut? silakan simak dengan baik berikut ini.

Daftar Cara Menghapus Aplikasi Bawaaan Xiaomi Lengkap

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Pasti setiap ponsel itu selalu mempunyai aplikasi yang tidak perlu namun terinstall di sana dan tidak bisa kita hapus seperti menghapus aplikasi instalan sendiri begitu pula di Xiaomi. Sangat menjengekelakan bukan? tenagns aja, namun di bawah ini kami akan memberikan secara tuntas apa saja yang perlu kalian lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan di ponsel xiaomi kamu.

Alasan Orang Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Tentunya bukan tidak lain, orang orang yang ingin menghapus blootware mempunyai alasan tersendiri. Berikut ini beberapa alasan yang umum semua utarakan mengapa ingin melakukannya :

1. Berspesifikasi cukup rendah

Salah satu alasan utama yang paling menonjol dari beberapa pengguna ponsel Xiaomi ialah ponsel mereka yang mempunyai spesifikasi cukup rendah. Sebab sebagaimana yang kita ketahui sendiri ponsel Xiaomi cukup beragam speknya untuk harga merakyat juga pasti spek merakyat nah karena itulah mereka tak ingin spek tersebut tidak maksimal hanya karena aplikasi bawaan saja.

2. Ingin menginstal sebuah game besar

Sekarang game yang keren dan umum diminati memang rata rata mempunyai ukuran besar, tak heran banyak yang rela tidak menginstal aplikasi chatting penting sekalipun demi lancar memainkan game tersebut. Apalagi jika ada aplikasi bawaan yang tak begitu penting jelas mereka akan menghapusnya.

3. Tampilan Rapi

Karena kebanyakan orang yang ingin tampil eksis tentu ingin memperlihatkan hapenya begitu mudah dioperasikan. Sementara itu kalau aplikasi bawaan berserakan dimana mana tampilan home screen ponsel Xiaomi kamu pasti berantakan dan kadang bingung mencari aplikasi yang diinginkan saat lupa poisisinya.

4. Penyimpanan Penuh

Sama halnya seperti poin kedua, rata rata mereka yang menghapus aplikasi bawaan ini ingin memerikan ruang kosong cukup lebar pada penyimpanan guna menginstal suatu game / aplikasi yang diinginkan. Xiaomi memang terkenal bisa menjalankan beberapa game disetingg paling rendah hanya saja, kesal dong kalau mau instal saja ada notifikasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" haha.

5. Membuat Baterai Irit

Sebelumnya pada awal penjelasa nartikel ini kami pun sudah bilang bahwa ada beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa berjalan di latar belakang dan itu tentu mempengaruhi prosentase cepat habisnya baterai. Salah satu contoh selain Mi Drop ialah Mi Roaming.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menghapus aplikasi bawaan xiaomi


Ada beberapa poin penting yang bisa mengakibatkan penghapusan aplikasi bawaan memang sangat bermanfaat dan malah tidak menambah resiko. Antara lain hal hal tersebut yaitu :

  • Jangan Hapus GoogleApps

Mungkin kalian mengira jika aplikasi yang berembel embel Google itu pun termasuk dalam bawaan Xiaomi, eits jangan salah itu bawaan dari Xiaomi sendiri selaku pemilik OS Android silakan baca : urutan versi OS android jika belum tahu asal usul kapan Android resmi dipegang Google. Karena Apliaksi dari Google ini sangat penting dalam mengoperasikan ponsel kamu.

Beberapa aplikasi Google yang memang boleh kalian hapus dan tak akan mempengaruhi kinerja xiaomi kamu yaitu HangOut, Google Duo, Photo, serta Play Musik. Sejatinay beberapa apliaksi tersebut pun masih Optional jika memang merasa kalian mau pakai ya gausah dong gengs. Selain itu jagnan sampai dihapus antaranya Gmail, Maps, terutama Play Game.

  • Backup aplikasinya

Yang kedua yaitu jangan sampai lupa untuk tidak membackup aplikasi bawaan tersebut ketika mau dihapus. Karena cukup ribet apabila kalian ingin menginstal kembali aplikasi bawaan tersebut jika tak mempunyai backupnya. Jalan satu satunya jika itu terjadi yaitu kalian harus melakukan cara flash hp xiaomi yang mana itu jjelas memerlukan waktu lama.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root 

Pada cara yang paling mudah yaitu tak memerlukan akses root ini terdapat dua macam caranya guna mengatasi masalah kamu dalam kesulitan menghapus blootware xiaomi. Antara lain kedua cara tersebut yaitu :

1. Memakai Google Playstore

Paling simpel dan mudah, yaitu menggunakan bantuan aplikasi Google yang pasti terinstal di semua ponsel Xiaomi kamu dialah Playstore. Berikut langkah melakukannya :
  1. Temukan dan Jalankan aplikasi Playstore di HP Kamu
  2. Klik pada menu bagian kiri , lalu gulir kebawah untuk menemukan menu Help & Feedback atau dalam bahasa Indonesia Bantuan & Masukan. Klik langsung menut ersebut untuk masuk.
  3. Setelah masuk, kalian klik lagi menu Browser all Articles
  4. Kemudian, klik menu "Uninstall, Disable and Delete Apps", maka akan muncul semua aplikasi yang bisa kalian pilih untuk dinonaktifkan.
  5. Silakan pilih aplikasinya, jika judah sekarang klik Disable.
  6. Dengan sendirinya aplikasi yang kamu pilih tadi akan hilang dan tak akan mengganggu lagi.
  7. Nah apabila kamu mau mengaktifkan kembali aplikasi itu, tinggal mengulang langkah tersebut namun pada langkah 4 pilihnya Enable.
  8. Selesai gengs.

2. Memakai Aplikasi Tambahan / Pihak Ketiga

Cara yang kedua ini bisa dibilang cukup ribet karena memerlukan kita untuk menginstal aplikasi dari luar ponsel. Namun sejatinya ini paling ampuh jika cara pertama tidak sukses, nah cara melakukannya antara lain sebagai berikut :
  1. Mula mula, kalian siapkan dengan mengunduh aplikasi Activity Launcher dan menginstallnya
  2. Jika sudah sukses terinstal , silakan kalian jalankan aplikasi tersebut.
  3. Cari menu Recent Activitynya
  4. Lalu, ubahlah menu Recent Activity menjadi All Activities (terletak diatas).
  5. Kalian tunggulah proses loading hingga selesai
  6. Kemudian, masuk Settings > Installed Apps disana akan muncul daftar aplikasi yang ada di ponsel kamu.
  7. Pilih dan klik pada aplikasi yang mau kalian hapus, lalu klik saja Delete
  8. Udah deh gengs ilang tuh aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Dengan Root

Berikutnya yaitu cara yang membutuhkan hak akses root, kalian bisa membaca cara root hp xiaomi jika tidak bisa / tahu melakukannya. Mungkin kalian berpikir cara ini cukup ribet ya tak bisa admin pungkiri memang iya namun dibanding cara tanpa root tentu mempunyai kelebihan tersendiri yaitu disaat cara diatas tidak berhasil tentu cara ini dapat dipastikan tidak akan gagal.

Jika ingin memakainya, kurang lebih seperti ini langkah langkahnya :
  1. Pertama, kalian perlu mengunduh dan isntal aplikasi System App Remover
  2. Jika sudah terinstal, Buka dan jalankan aplikasi tersebut
  3. Sekarang kalian pilih aplikasi apa yang ingin kalian hapsu dari ponsel Xiaomi kamu (contoh disini admin menghapus Play Musik & Play TV)
  4. Lalu Klik "Uninstal"
  5. Jika sudah cek  aplikasi yang kalian hapus tadi, pasti masih ada namun saat kalian buka itu pasti error. Jadi itu hanyalah cache / bekas data saja, ketika kamu reboot ponselnya akan hilang kok.
  6. Taraa setelah kalian reboot hilang deh.
Perlu dicatat, cara ini merupakan menghapus permanen aplikasinya, jadi jika kalian tak mempunyai backupan aplikasi yang terhapus tadi jangan harap bisa kembali seperti semula. Pastikan pula kalian paham apa itu root dan apa saja fungsi root hp kamu agar hanya ingin menghapus aplikasi bawaan namun setelah root menyalahkan orang lain gengs.

Oh iya, cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi 4x yang sudah admin buktikan tersebut bisa dipakai juga untuk seri Xiaomi 4a, Xiaomi 5a, Xiaomi 6a serta Xiaomi Redmi 5 Plus ya gengs. Dan jangan lupa juga untuk kamu yang sering dijaili teman untuk membaca cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi terlebih jikalau tak ingin mengalami terhapus secara tidak sengaja.

Begitulah kurang lebihyna sedikit cara yang bisa kami sampaikan kepada kalian, semoga saja cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi tersebut bisa kalian lakukan tanpa ada hambatan dan berhasil sesuai keinginan. Jika kalian mempunyai cara lain yang lebih gampang tinggalkan dikomentar ya agar kami tambahkan ke artikel ini lebih komplit lagi :D.

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]