√ 16 Fungsi Root HP Andorid Yang Perlu Diketahui Lengkap! - Hafal Android
√ 16 Fungsi Root HP Andorid Yang Perlu Diketahui Lengkap!

√ 16 Fungsi Root HP Andorid Yang Perlu Diketahui Lengkap!

to read
Fungsi root HP? eits, di era serba digital seperti sekarang ini rasanya mustahil masih ada orang yang tak mengerti kata root

Jadi secara singkat Root merupakan membuka akses seluruh dalam perangkat tanpa ada batasan dari pihak vendor merk hp tersebut.

Mungkin terlihatnya memang wah jadi leluasa namun tetap saja ya ada kerugiannya juga yang paling utama yaitu jika meroot hp maka garansi hp akan hilang.

Nah jadi bagi kamu yang sedang takut ingin melakukan cara root android kalian coba simak yuk ulasan hafalandroid soal manfaat root android dibawah ini.

Penjelasa Fungsi Root HP Android Wajib Diketahui

Root paling simple? Coba dong pake aplikasi root tanpa pc yang cukup sekali klik saja sukses.

1. Tak ada batasan fitur

Yang pertama dari 15 poin berikutnya yaitu tak ada batasan fitur seperti apa yang kita inginkan ketika sudah kondisi root. Sebab biasanya apra pembuat ponsel tersebut pasti membatasi pada beberapa fitur agar kinerja tak terlalu maksimal namun lebih ke optimal saja.

Menurut saya pribadi sih keuntungan rooted itu memang lebih banyak ketimbang kerugiannya. Hanya saja untuk ruginya memang beresiko besar semua selain garansi hilang bisa saya sebutkan yang parah yaitu hardbrick alias mati total nah loh harus beli HP baru dong ya hehe.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel

Artikel pendukung : cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi
Pada dasarnya rata rata orang pemegang OS Android merasa sangat risih akan banyaknya aplikasi bawaan yang terinstal di ponsel mereka. Terlebih jika ponsel terbseut bermerk ASUS dan Samsung yang mana aplikasi bawaannya sendiri yang tak terpakai terhitung sampai 5-10 aplikasi.

Tentu dengan banyaknya aplikasi bawaan tak terpakai selain mengganggu performa, namun juga mempengerahui kepraktisan bagaimana jika sampai terbagi menjadi beberapa slide hanya karena terutupi oleh aplikasi bawaan tadi. Jadi dengan ponsel kalian keadaan root permasalahan tersebut bisa teratasi dengan mudah, hapus saja aplikasi bawaan tak terpakai itu.

Satu hal penting yang perlu kami INGATKAN!, yaitu jangan asal menghapus aplikasi sistem bawaan pahami dulu mana apliaksi yang tak terpakai itu. Alih alih melihat SIM Toolkit sebagai apliaksi tak terpakai kalian mau menghapusnya, ya siap saja tak bisa mendeteksi sinyal.

3. Mudah Membackup Data Secara Aman

Setahu saya, pilihan backup data yang cepat dan mudah serta aman saat ponsel keadaan NON Root itu tidak banyak dan malah ribet. Beberapa contohnya yaitu memindahkan data galeri, kontak serta dokumen saja. 

Sedangkan ketika ponsel kita dalam keadaan root kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah bertebaran di Playstore. Dimana fitur yang mereka tawarkan yaitu bisa bulk backup hanya satu klik dan aman deh tinggal disesuaikan. Dan bagi kamu yang udah terlanjur kehilangan file mungkin bisa baca cara mengembalikan file yang terhapus di android.

4. Bootloop Bisa Membackup Kontak Kamu

Ponsel kalian tiba tiba bootloop karena menginstal aplikasi yang tak bermutu lalu kuatir akan keadaan kontak nomor orang oran rekan bisnis pentingmu? tenang saja asalkan ponsel kamu itu dalam keadaan root itu bisa teratasi secara mudah.

Yup, sebagian orang berpikir udah hangus dah tuh kalau udah bootlop, Namun kondisi root bisa merubah itu semua, kalian bisa mengambil file file contact tersebut lewat direktori root android saat bootlop berarti memerlukan bantuan PC misalnya. Kalau no root mau buka direktori? ngimpi deh jalan satu satunya ya flash haha.

5. Direktori Root Bisa Dibuka Mudah

Rata rata direktori root ini dibuka oleh para sesorang yang ingin mengobrak abrik sistem supaya bekerja secara maksimal. 

Cara pembacaannya sendiri mirip dengan File Manager hanya saja file manager tak bisa mengakses sistem sebagaimana bisa dilakukan direktori root.

Jadi file data game atau apliaksi yang tak ada didalam file amanger bisa kaliand apatkan melalui direktori root ini, contoh saja game OBBnya tak ada maka di sini kalian bisa mengambilnya untuk dipindahkan ke bagian manapun.

Pengalaman saya sendiri data game dari direktori root  pindah ke Emulator PC langsung lancar tanpa hambatan atau bug sedikipun saat dimainkan salah satu yang cukup populer yaitu Root Explorer.

6. Menggunakan Overclock


Speed procesor mentok atau berubah ubah? 2 ghz, 3ghz dan lain semacamnya hebe mungkin kalian tahu jika speed processor itu akan bisa meningkat saat ponsel kamu keadaan rooted. 

Sebab dengan akses root kita bisa melakukan yang namanya overclock dengan memberi akses terhadap perubahan kernel sistem kamu.

Tingkat kepanasan ponsel kamu akan bertambah sedikit demi sedikit dan itu menyebabkan ponsel kamu bisa saja rusak apabila tidak paham melakukannya secara baik. Karena dengan mengOverClock settingan kernel sudah bukan pabrikan lagi.

7. Halangan instal aplikasi tak ada lagi

Pada ponsel non root, tentu ktia harus memilih dan  memilah serta memperhatikan secara baik apa aplikasi tersebut mmerlukan hak akses root atau tidak. 

Nah sedangkan kalau ponsel keadaan root itu aplikasi apapun sesuai dengan keinginan kamu asal terbukti ada di Playstore karena tak mengandung malware bisa diinstal kapan saja.

Contohnya seperit apliksasi pada cara menyembunyikan aplikasi di android yang mempunyai fitur terbagi dua untuk non root terbatas ini itu dan orot bisa mengaktifkan semuanya.

8. Melegakan RAM Ponsel

Kebutuhan multitasking menggunakan ponsel semakin meningkat namun tak ada uang untuk membeli HP mumpuni? tenang saja, dengan ponsel sudah ter-root maka secara otomatis, kalian bisa memakai banyak pilihan pelega ram di Google Play salah satunya yaitu Greenify Pro.

Dimana dalam keadaan root pelega ram ini langsung mematikan fitur fitur tak terpakai seperti yang jalan berlatar belakang meskipun sudah di force close melalui pengaturan. RAM optiml bermain game pun jadi lebih handal terlebih game game jaman now seperti Mobile Legends dan PUBG yang memerlukan RAM bebas kurang kurangnya 2GB Agar lancar setting high grafik.

9. Dapat mengetahui Password Wifi yang pernah terhubung

Pernah tersabung ke wifi tetangga namun lupa apa sandinya? tenang saja, selama ponsel kalian benar benar pernah terhubung ke WiFi tersebut, dengan keadaan HP Sudah root, maka kalian bisa melihat hal tersebut lagi lagi fungsi root hp ini umumnya melalui file direktori sistem.

Beberapa aplikasi untuk mempermudah hal tersebut dan memerlukan hak ases Root ialah WPS Unlocker Premium, Wifi Show dan lain seabgainya.

10. Tampilan android bisa modif sesuka hati

,Kalian gampang bosen? ya asma saya juga, sehingga saya sendiri pun sering melakukan perubahan tampilan pada ponsel imilik saya. Nah untuk melakukan hal tersebut tentu diperlukan yang namanya hak akses root karena kita akan lagi lagi merubah sistem ponsel. Salah satunya jika ikon abterai, wifi, data seluler dan apapun yanga da di tinted atas itu build.prof.

Resikonya juga lumayan parah ini kalau keliru gaes, jadi usahakan untuk membackupnya dahulu sebelum melakukan ini ya agar nanti kalau keliru bias mengganti dengan file semula.

11. Baterai akan lebih irit

Sebagaimana yang kami sebutkan diatas atas tadi,  faktor root ini banyak macamnya jadi bisa saja memborosakn batrai bisa juga menghemat baterainya ponsel.

Salah satunya yaitu memberi ruang pada RAM tentu itu akan menjadikan baterai lebih irit karena tak ada aplikasi berjalan sama sekali.

Namun lain saat penggantian kernel yang malah menjadikan penggunaan bateriai boros karena diabwa ke ambang abtas maksimum performa. Hal ini juga berpengaruh terhadap urutan versi android terbaru di hp kamu apakah selalu dapat update atau tidak.

12. Menjadi andalan Tweaking

Yaap, memang tak bisa kita pungkiri rata rata pelaku root itu mencari yang namanya tweak ke ponsel mereka guna meningkatkan performat anpa merubah kernel. 

Dengan Tweaking RAM kita akan bisa disetting menit keberapa leluasa dan sampai kapan leluasa tersebut bisa bertahan. Tweaking pun bisa diseting untuk dijalankan saat game apa saja berfungsi.

13. Install Custom ROM

Seperti halnya merubah tampilan pada poin no 10 tadi, custom rom bukan pada satu sisi saja melainkan semua sisi dirubah total mulai dari ikon aplikasi, bootloader dll.

Satu hal yang perlu diperhatikan walaupun sudah keadaan root dan bisa menginstal Custom Rom sesuka hati, namun pilihlah ROM versi yang ORIGINAL atau sudah terpercaya sesuai tipe hp. 

Secara singkat pengertian custom rom adalah ROM yang sudah dibuat agar tak sama seperti originalnya diberikan tmbahan yang tak hanya terletak pada tampilan bahkan performanya juga.

14. Pasang Kernel Kostum

Selain melakukan pengeditan kernel secara manual, kalian bisa juga langsung menginstalnya secara otomatis dengan cara memasuki ke recover mode Ponsel kalian. 

Dengan menginstal custom kernel kita bisa tahu apa saja kekurangan kernel original ponsel tersebut.

Pada beberapa ponsel namun instal kerenel sudah tak begitu diharapkan, karena salah instal kernel melakukan restorenya cukup lama. Alhasil hingga saat ini tweaklah pilihan utama masyrakat.

15. Pasang TWRP / CWM

Sebagaimana yang saya sebutkan diatas tadi, untuk melakukan pemasangan pemasangan berupa Kernel, Aplikasi dan sebagainya kalian itu perlu recovery mod atau biasa disebut CWM.

Beberapa cwm yang lagi populer sekarang ini yaitu TWRP karena tinggal pencet ini itu tanpa memerlukan tombol tombol seperti volume hingga Home.

16. Internal Penuh bisa ke eksternal langsung


Pada urutan yang terakhir inilah yang biasa dicari cari karena pada era sekarang ini aplikasi serta game berukuran sangatlah besar. 

Namun tak sedikit tiba tiba settingan default data game tersebut bukan masuk ke penyimpanan eksternal yang telah disediakan melainkan ke internal langsung.

Alhasil jika penyimpanan internal tersebut berkapasitas kecil kita tak bisa dong menginstal banyak aplikasi yang sesuai kita butuhkan, tapi jika ponsel Root bisa diakali dengan link2sd. 

Demikianlah beberapa fungsi Root hp yang bisa saya jelaskan kepada kalian semua, semoga bisa bermanfaat dan kalau masih ada yang kurang jelas langsung komentar ya :).
Rooting Android Tips Trik

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]